Pengertian Negara Menurut Ahli

Pengertian Negara Menurut Para Ahli Dan Penjelasannya

Posted on

Dunia yang kita tempati ini terdiri dari hampir 193 negara. Istilah negara juga tak asing terdengar di lingkungan sekitar. Setiap negara memiliki kelebihan maupun keanekaragaman dari setiap wilayahnya sendiri yang menjadikannya sebagai ciri khas dari tiap negara yang ada, entah itu dari Sumber daya Alam ( SDA ) maupun dari Sumber Daya Manusia ( SDM ).

Sebenarnya apa makna atau pengertian dari negara itu sendiri? Untuk mengetahuinya berikut ini, kami rangkum beberapa informasi terkait dengan pengertian dari negara, tujuan dari suatu negara, dan unsur – unsur terbentuknya suatu negara.

Pengertian Negara Menurut Ahli
Pengertian Negara Menurut Ahli Lengkap
  1. Pengertian dari negara

Setiap individu memiliki pengertian yang berbeda – beda terkait dengan negara. Berikut ini merupakan pengertian negara menurut para ahli :

–     Pengertian negara menurut John Locke

Jadi, pengertian negara menurut John Locke adalah negara merupakan sebuah organisasi hasil dari suatu perjanjian yang diputuskan oleh masyarakat.

–     Pengertian negara menurut Roger F. Soleau

Pengertian negara menurut Roger F. Soleau, negara merupakan sebuah sarana atau wewenang yang dapat mengendalikan dan juga mengatur masalah – masalah yang sifatnya umum dalam kehidupan bermasyarakat.

–     Pengertian negara menurut Prof. Miriam  Budiardjo

Sedangkan pengertian negara menurut Prof. Miriam  Budiardjo yakni negara merupakan sebuah organisasi dalam suatu wilayah yang terbentuk, yang mampu memaksakan kekuasaannya secara sah kepada seluruh golongan kekuasaan lainnya sehingga dapat mengaplikasikan tujuan dari kehidupan bersama di dalam masyarakat.

–     Pengertian negara menurut Max Weber

Menurut Max Weber, pengertian dari suatu negara adalah suatu masyarakat yang memiliki monopoli dalam penggunaan kekerasan yang berlaku dalam suatu wilayah tertentu.

–     Pengertian negara menurut Prof. Mr Soenarko

Sedangkan menurut Prof. Mr Soenarko, pengertian dari negara adalah sebuah organisasi masyarakat yang mempunyai wilayah yang mana kekuasaan dari negara tersebut seluruhnya berlaku sebagai suatu kedaulatan.

Sehingga dapat kami simpulkan, pengertian negara merupakan sekelompok masyarakat yang  bermukim dalam suatu wilayah tertentu yang diatur oleh sebuah perangkat pemerintahan yang berlaku dan memiliki kedaulatan.

  1. Unsur – unsur pembentuk suatu negara

Setalah kamu paham terkait dengan pengertian dari negara, termasuk pengertian negara menurut para ahli, kamu juga harus mengetahui unsur – unsur yang membentuk suatu negara. Suatu negara, dapat berdiri dan diakui negara – negara lainnya, karena sudah memenuhi seluruh unsur yang sudah ditetapkan. Unsur – unsur ini merupakan sesuatu yang harus ada dalam suatu negara. Berikut ini merupakan beberapa unsur – unsur pembentuk suatu negara :

  1.  Penduduk

Penduduk merupakan komponen penting dalam terbentuknya suatu negara. Penduduk ini harus bersatu dan berikrar untuk menjaga keutuhan negaranya masing – masing. Maksud dari kata penduduk di sini adalah sekumpulan orang yang menempati suatu wilayah dalam jangka waktu yang lama.

  1. Wilayah

Wilayah adalah sebuah tempat yang menjadi kekuasaan dari seuatu negara. Tanpa adanya wilayah, negara tidak akan bisa berdiri. Wilayah ini merupakan daerah kekuasaan yang menjadi batas antara negara satu dengan negara lainnya, sehingga tidak dapat dikuasai oleh negara lain. Dalam suatu negara, wilayah itu sendiri terbagi menjadi 3 bagian yakni daratan, laut, dan juga udara yang masing – masing dari wilayah tersebut sudah mempunyai batasannya sendiri.

  1. Pemerintah

Sebuah negara tentunya memerlukan pemerintah yang bertugas untuk memegang kendali atas seluruh kekuasaan dari penduduk maupun wilayah yang ada di negara tersebut. Fungsi lain dari pemerintah ini yakni untuk menjadi roda penggerak jalannya suatu negara. Sehingga peran dari pemerintah sangatlah dibutuhkan.

  1. Kedaulatan

Kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi yang ada di sebuah negara. Fungsi dari kedaulatan ini adalah untuk mengatur kelancaran jalannya suatu negara. Kekuasaan yang diterapkan pada kedaulatan yakni membuat aturan – aturan yang harus dilaksanakan oleh setiap penduduk atau masyarakat yang ada.

  1. Tujuan terbentuknya suatu negara

Setiap negara memiliki tujuannya masing – masing dan alasannya tersendiri dalam membentuk negaranya tersebut. Menurut salah satu ahli yaitu Miriam Budiharjo menjelaskan bahswa suatu negara dapat dipandang sebagai suatu asosiasi ketika  mampu untuk bekerja sama mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dan disepakati bersama. Semua negara menginginkan adanya kedamaian untuk semua penduduknya.

Negara Indonesia mempunyai tujuan yang sudah tercantum dengan jelas pada Pembukaan UUD 1945 yang terdapat pada alinea ke 4. Berikut ini merupakan tujuan dari terbentuknya negara Indonesia :

  1. Untuk melindungi segenap bangsa Indonesia
  2. Untuk memajukan kesejahteraan umum
  3. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia

Itu dia beberapa informasi singkat terkait dengan pengertian dari negara, tujuan dari suatu negara, dan unsur – unsur terbentuknya suatu negara. Diharapkan kamu lebih mampu untuk memahami istilah dari negara itu sendiri.

(Visited 2 times, 1 visits today)