Pengertian Hubungan Sosial, Jenis Dan Contoh Hubungan Sosial

Pengertian Hubungan Sosial adalah interaksi antara satu orang dengan orang yang lainnya untuk tujuan relasi, tidak hanya individu saja yang masuk dalam kategori hubungan sosial ini, sangat lebar sekali jangkauannya meskipun itu kelompok masih sangat erat hubungannya dengan sosial.

Hubungan Sosial atau Social Linking sangat perlu sekali kita lakukan, karena dengan adanya saling melibatkan satu sama lainnya akan memudahkan semua urusan kita termasuk gotong royong seperti contoh hubungan sosial di desa-desa sering ada kegiatan kerja bakti bersama.

Pengertian Hubungan Sosial Serta Penjelasannya
Pengertian Hubungan Sosial Serta Penjelasannya

Sejak duduk di bangku kelas SMA pelajaran ini sudah di bahas di mata pelajaran sosiologi (IPS), bagi kalian yang belum mengerti betul tentang arti hubungan sosial silahkan simak kita akan membahasnya dari mulai interaksi sosial, relasi sosial, jenis serta contohnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Hubungan Sosial?

Dalam pengertian secara umum hubungan sosial dapat di artikan bahwa keterlibatan antara dua orang atau lebih dalam menjalankan kerjasama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Sebagai contoh yaitu masyarakat, dalam bermasyarakat kita pastinya akan bertemu dan berbaur dengan banyak orang disitu terdapat jejaring sosial antara masing-masing individu dengan individu lainnya, dengan saling berinteraksi dan menghasilkan pengaruh antara satu orang dan lainnya.

Cara yang paling gampang untuk mengidentifikasi hubungan sosial adalah dengan memahami bentuk-bentuk secara intuitif baik secara rasional maupun intelektual.

Baca Juga : Pengertian Negara Serta Contohnya

Jenis Hubungan Sosial

Untuk bisa terjadinya hubungan sosial menurut Gillin memerlukan dua unsur yang sangat mempengaruhi yaitu

1. Interaksi Sosial Asosiatif

Interaksi sosial asosiatif ini adalah hubungan yang positif serta interaksi antar pelaku untuk menciptakan kerjasama dan saling membutuhkan agar kebersamaan menjadi meningkat.

2. Interaksi Sosial Disosiatif

Interaksi sosial disosiatif ini kebalikan dari yang pertama yaitu hubungan sosial yang mengakibatkan permusuhan, perpecahan antara individu maupun kelompok.

Contoh Hubungan Sosial

1. Sosialisasi

Dengan kita melakukan sosialisasi kemasyarakat maka akan terciptanya kerukunan dan kerjasama yang baik, namun harus di perhatikan juga cara kita melakukan sosialisasi, jangan sampai salah dalam menyampaikan apa yang menjadi maksud dan tujuan kita.

2. Arbitrasi

Arbitrasi adalah cara yang baik dan benar melakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang timbuh dengan cara mendatangkan pihak ketiga yang tidak terhubung dengan permasalahan tersebut, pihak ketiga tersebut diberikan wewenang untuk mengambil suatu keputusan untuk menyelesaikan perselisihan di kedua belah pihak.

3. Akomodasi

Akomodasi adalah proses hubungan sosial individu maupun kelompok yang mula-mula sangat bertentangan, kemudian mereka beradaptasi untuk menghilangkan perselisihan serta kekurangan dengan tanpa kekerasan.

4. Kontraversi

Kontraversi adalah proses hubungan sosial yang berupa mental seperti contoh melakukan penghasutan, penghianatan, pengadu domba, memfitnah dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan hubungan antara individu dan masyarakat sangat di butuhkan sekali hubungan sosial, secara sejatinya manusia tidak akan mampu untuk hidup sendiri dimanapun mereka berada pasti akan membutuhkan pertolongan orang lain.

Jadi kita harus dapat melakukan hubungan sosial untuk mendapatkan keuntungan, kebahagiaan, ketenangan dan yang lainnya.